Jumat, 19 Agustus 2011

10 Program Komputer yang Penting untuk Aktivitas Ngeblog Anda

  1. WinRAR
  2. WinRAR adalah program untuk winzip. Jika Anda ngeblog menggunakan wordpress, Anda harus memiliki program ini karena theme wordpress tersedia dalam bentuk winzip. Jika tidak, Anda akan kesulitan menggunakan theme tersebut.
  3. Photoshop
  4. Photoshop adalah program untuk memanipulasi foto. Program ini berguna juga untuk membuat logo blog atau gambar background blog. Dengan memahami dan menggunakannya, Anda akan mudah membuat logo dan tampilan blog yang unik (beda dari blog orang lain).
  5. Notepad++
  6. Notepad++ adalah program untuk menulis kode php, CSS, javascript, dan sebaginya. Program ini penting jika Anda ingin mengutak-atik theme blog Anda. Sebagai contoh, Anda ingin menambahkan attachment.php pada theme yang Anda gunakan, maka Anda harus membuat kodenya terlebih dahulu di notepad++. Setelah selesai, file php tersebut Anda unggah via hosting. Selain itu, notepad++ bisa juga Anda gunakan untuk membuat theme wordpress sendiri. Hal yang Anda lakukan adalah dengan menulis kode CSS dan php dengan program ini.
  7. Acrobat reader
  8. Fakta menunjukkan bahwa banyak blogger sukses yang membagikan eBook gratis dalam format FDF. Dengan program ini, Anda akan dengan leluasa membaca eBook-eBook gratis tersebut. Dengan demikian, wawasan ngeblog Anda akan bertambah. Bayangkan bila Anda tidak memiliki program ini. Tentunya Anda akan sulit membaca eBook berkualitas dari para blogger sukses, bukan?
  9. FileZilla FTP Client
  10. FileZilla akan terasa manfaatnya saat Anda melakukan transfer file bila pindah hosting. Dengan program ini Anda akan mudah mendownload file dan database blog Anda, lalu memindahkannya ke hosting baru. Memang ada fasilitas transfer via dasbor wordpress, namun fasilitas ini terbatas kapasitas transfernya. Oleh karena itu, FileZilla merupakan program yang paling mumpuni untuk urusan transfer file dalam jumlah besar.
  11. PDF Creator
  12. Nitro PDF adalah satu di antara PDF creator. Program ini akan bermanfaat jika Anda hendak membuat eBook yang dibagikan gratis atau dijual. Selain dengan Nitro PDF, Anda juga bisa membuat file PDF menggunakan Microsof Office 2007 (simak langkah-langkahnya di Membuat PDF dari Dokumen Office 2007 dengan Mudah)
  13. Microsoft Office Picture Manager
  14. Ini adalah bawaan dari program Microsoft Office. Jika Anda hendak mengecilkan gambar atau foto agar, maka Anda bisa menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Anda tinggal membuka foto atau gambar pada program tersebut, lalu Anda pilih resize untuk mengubah ukuran sesuai keinginan atau Anda bisa juga memilih compress pictures untuk mengompres gambar ke ukuran web pages.
  15. Dreamweaver
  16. Dreamweaver adalah program untuk membuat theme wordpress. Program ini memiliki banyak fitur theme wordpress yang bisa Anda manfaatkan saat membuat theme. Keuntungan menggunakan program ini adalah Anda tidak dipusingkan dengan kode-kode CSS. Anda tinggal memilih fitur apa yang diinginkan (misalnya top navigation), maka program ini akan menyediakan kode CSS-nya.
  17. Anti-Virus
  18. Disadari atau tidak, komputer atau laptop Anda rawan dari ancaman virus (baik dari aktivitas online atau flashdisk). Untuk mencegah dan menangkalnya, Anda perlu bantuan anti-virus. Beberapa anti-virus yang sering digunakan adalah kaspersky, smadav, dan AVG.
  19. YouTube Video Downloader
  20. Dunia ngeblog saat ini tak hanya berupa format teks, namun dipercanggih dengan format video. Tak heran, banyak blogger yang menyajikan tutorial dalam bentuk video yang diunggah ke YouTube. Jika Anda ingin mendowloadnya, Anda perlu YouTube video downloader. Satu di antara program ini adalah YouTubeGet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar